SAKA WIRA KARTIKA

SWK merupakan salah satu satuan karya pramuka yang ada di Indonesia. Saka yanga dibawa binaan TNI-AD ini memiliki lima Krida yaitu krida Navigasi Darat ( Navrat ), Krida Pioneering, Krida Mounteneering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana. Selain Krida-krida tersebut, Wira Kartika juga tidak lupa dengan materi-materi kepramukaan secara umum. Karena merupakan binaan TNI-AD, tentunya kegiatan-kegiatannya hampir menyamai dengan latihan para prajurit TNI-AD, atau boleh di bilang semi militer. Selain tentang kepramukan, Wira Kartika juga mengenal dan mengutamakan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara, yang saat ini ulai terkikis oleh efek pekembangan dunia.

Selain materi, kegiatan-kegiatan di Wira Kartika tidak hanya materi saja, tapi bisa praktik langsung di lapangan sperti praktik kompas, jalan peta, bongkar pangan senjata, tali temali, panjat/turun tebing, kolonel tongakat maupun senjata dan masih banyak yang lainnya. Yanga jelas dan penting kegiatannya sangatlah informatif dan pastinya menambah pengetahuan.

JADI, bagi seluruh Pelajar Indonesia jangan ragu-ragu untuk bergabung dengan WIRA KARTIKA.

SEKEDAR INFO :

Setiap tahun pelajaran baru Dewan Saka Wira Kartika Kwarran XI.26.13 Kedunguni, membuka pendaftaran anggota BARU....!!!!

Latihan setiap hari minggu, pukul 08.00 WIB, tempat Koramil 06 Kedungwuni.

Rabu, 19 Mei 2010

Salam WIRA KARTIKA ….. !!!!!

Alkhamdulillah pada sabtu minggu, 15 s/d 16 Mei 2010 Saka Wira Karika Kwarran XI.26.13 Kedungwuni telah mengadakan kegiatan Pengembaraan dan Pelantikan calon Anggota Baru Saka Wira Kartika. Kegiatan ini bertujuan membentuk dan mengembangkan Saka Wira Kartika yang sebelumnya vakum tidak ada kegiatan rutin. Kegiatan yang dilaksanakan di Koramil 06 Kedungwuni ini sangatlah di terima oleh kalangan pelajar SMA/MA/SMK se-Kedungwuni dan Karangdadap. Hal ini terbukti dengan jumlah peserta yang ikut tidak sedikit.

“Kobarkan Semangat Nasionalisme Tuk Ibu Pertiwi” merupakan motto dari kegitan ini, dimana keditan ini sangat membuat para perserta terkesan. Mengapah Demikian ??? Hal ini karena di kegiatan ini para peserta memperoleh matari yang hanya dapat di peroleh di Saka Wira Kartika. Seperti pengenalan senjata, navigasi darat, pendidikan bela negara dan lain sebagainya.

Selain dari sisi kegiatan, dari sisi pengisi materinya pun langsung dari Staf TNI AD/ Kodim 0710 Pekalongan. Yang lebih menantang lagi yaitu saat pengembaraan. Mengapa??? Tak seperti pengembaraan pada umumnya, pengembaraan yang satu ini tidak ada jejak/petunjuk arah ataupun pemandu yang bisa memnatu untuk samapai tempat atau pos-pos yang ada. Disini peserta hanya di bekali peta,kompas dan titik koordinat. Jadi peserta harus mencari titik koordinat pada peta dan kemudian mencarai posisi titik tersebut pada medan. Maka peserta sangatlah dituntut menguasai peta, kompas dan medan yang merupaka sub materi pada krida Navrat.

Minggu sorenya para peserta dilangsung oleh Pimpinan Saka Wira Kartika Kwarran XI.26.13 Kedungwuni. Dengan penuh hikmat para peserta mengikuti upacara pelantikan tersebut. Dan secara simbolis Pimpinan Saka Memasangkan Badge Saka Wira Kartika. Maka terbentuklah Saka Wira Kartika Kwarran XI.26.13 Kedungwuni aAngkatan Perdana.

Maju dan Berkembanglah Saka Wira Kartika

Salam WIRA KARTIKA ….. !!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar